MANAJEMEN,
ORGANISASI DAN TATA KERJA
Eratnya hubungan
atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
1. Manajemen: proses kegiatan pencapaian
tujuan melalui kerja sama antar manusia
2. Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan
tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
3. Tata Kerja: pola cara-cara bagaimana
kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai
secara efisien.
4.Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik
manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya
tujuan.
Hubungan Timbal
Balik Antara Manajemen,Organisasi dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana
(how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat
dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan
dengan tepat pula.Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses
kegiatanpencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping
itu,pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a.
Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan
waktu yang tersedia
b.
Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian
tujuan
c. Menjamin adanya
pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi
hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskan seperti di
bawah ini:
a.
Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar
manusia;
b.
Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi
pengelompokkan
kerja sama.
c.
Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen,
organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara
efisien.
sumber :
http://girlycious09.wordpress.com/2009/12/31/hubungan-timbal-balik-antara-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja-dan-proses-organisasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar