Pages

Sabtu, 20 April 2013

ORGANISASI WHO



Secara sederhana organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah yang mempunyai tujuan yang sama tujuan bersama.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.salah satu organisasi resmi yang diakui dunia adalah WHO .
 

Organisasi Kesehatan Dunia Yang Bernaung Dibawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)
yang bertindak sebagai otoritas koordinasi
terhadap kesehatan masyarakat internasional. Didirikan pada tanggal 7 April 1948, dengan kantor pusat di Jenewa, Swiss, badan mewarisi mandat dan sumber daya dari pendahulunya.


Latar Belakang
Gagasan pembentukan otoritas internasional untuk mengabaikan masalah kesehatan masyarakat dimulai dengan perumusan aturan hukum internasional pada akhir abad ke-20 ke-19 dan awal. Sudah pada tanggal 9 Desember 1907, konvensi disimpulkan di Roma untuk pembentukan Kantor Kesehatan Masyarakat Internasional oleh pemerintah Britania Raya, Belgia, Brasil, Spanyol, Amerika Serikat, Perancis, Italia, Belanda, Portugal, Rusia, Swiss dan Mesir. Organisasi ini terdiri dari perwakilan para pihak penandatangan.


o   Konstitusi Dan Sejarah WHO
menyatakan konstitusi yang tujuannya "adalah pencapaian oleh semua orang yang mungkin tingkat kesehatan tertinggi." Tugas utamanya adalah untuk memerangi penyakit, penyakit menular terutama kunci, dan untuk meningkatkan kesehatan umum masyarakat dunia.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah salah satu lembaga asli dari PBB, konstitusi secara resmi mulai berlaku pada Hari Kesehatan Dunia pertama, (7 April, 1948), ketika diratifikasi oleh 26 negara anggota. Jawarharlal Nehru, seorang pejuang kemerdekaan utama India telah memberikan pendapat untuk memulai WHO. Sebelum ini operasinya, serta kegiatan sisa Liga Bangsa-Bangsa Organisasi Kesehatan, berada di bawah kontrol dari Komisi Interim menyusul Konferensi Internasional Kesehatan pada musim panas 1946. Pengalihan tersebut disahkan oleh Resolusi Majelis Umum. Layanan epidemiologi dari International Office Perancis d'Kebersihan Publique dimasukkan ke Komisi Interim Organisasi Kesehatan Dunia pada tanggal 1 Januari 1947.




sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar