Pages

Kamis, 05 Februari 2015

sistem keputusan pada ukm


ANALISIS SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA UKM
“TOKO KUE ANEKA RASA”





KATA PENGHANTAR

Syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat karunia-Nya penyaji dapat menyusun tugas ini. Tugas ini dibuat berdasarkan referensi yang saya dapatkan dan saya susun secara sederhana dengan tujuan agar dapat memberi sedikit wawasan terhadap pembaca maupun penyaji terhadap Sistem pengambilan keputusan. Dimana Sistem Informasi sebagai pengamalatan kita di lingkungan sekitar kita dalam konsep input-proses-output. Dan juga dalam keadaan bersosialisasi, berinteraksi dan berkarya dengan siapapun. Makalah ini masih jauh dari sempurna. Dengan demikian apabila masih ada kekurangan dalam makalah ini harap maklum, karena kami masih dalam tahap pembelajaran dan masih perlu banyak mendapatkan bimbingan dan motivasi lagi.




                                                                                    Bekasi,  05 February 2015





LATAR BELAKANG

Berdasarkan tugas mengenai sistem pengambilan keputusan pada usaha kecil . maka pada kali ini saya menganalisis sistem pengambilan keputusan pada ukm sebuah toko kue yakni toko kue aneka rasa .

Dalam pengertiannya sendiri sistem Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan alternative tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu dan dilakukan dengan pendekatan sistematis terhadap permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta dengan factor-faktor pendukung yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan . menurut Herbert A.Simon ada beberapa thapan yang harus dilalui untuk proses pengambilan keputusan yakni :

1.tahap pemahaman

Pengambilan keputusan yang meliputi lingkungan secara intermiten ataupun terus-menerus. Tahap ini mencakup berbagai aktivitas yang menekankan identifikasi situasi atau peluang masalah.

2.tahap perancangan

Tahap ini meliputi penemuan atau pengembangan dan menganalisis tindakan yang mungkin untuk dilakukan .hal tersebut meliputi pemahaman terhadap masalah dan menguji solusi yang layak .

3.tahap pemilihan

Tahap ini merupakan tindakan pengambilan keputusan yang kritis.fase dimana dibuat suatu keputusan yang nyata dan diambil suatu komitmen untuk mengikuti suatu tindakan tertentu .

4.tahap implementasi

Tahap peletakkan sistem agar siap untuk dioperasikan atau dilaksanakan.

Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini :
1.      Memahami sistem pengambilan keputusan pada ukm
2.      Mengetahui bagaimana usaha ini menjalankan sistem pengambilan keputusan dalam usahanya .






BAB I
ISI


Profil Usaha

Beberapa usaha kecil yang berkembang pada saat ini adalah toko kue. Salah satu orang yang meminati usaha ini adalah ibu mitha .berawal dari hobi beliau dalam memasak kemudian belajar membuat kue hingga ahli dalam membuat beraneka ragam kue yang enak .

Sehingga pada tahun 2002 ibu mitha memberanikan diri untuk memulai usaha kuenya ini .dengan modalnya sendiri dan dibantu oleh suaminya beliau membuka toko kue bernama “ TOKO KUE ANEKA RASA”  yang tertelak di jl mawar 5 no 89 ,bekasi barat . ia meawarkan berbagai macam varian kue seperti kue tradisional,kue tart,brownies dan lain-lain .

Semakin pesatnya pesanan dari beberapa bulan dan peminat kue buatannya yang semakin meningkat maka ia berpindah letak lokasi tokonya yakni di daerah harapan jaya serta menambahkan pegawai hingga saat ini berjumah 6 pegawai. dimana pegawai tersebut dibagi beberapa  tugas diantaranya pegawai yang bertugas membuat kue dan pegawai yang mengantar pesanan pelanggan .

Untuk menjaga rasa dan keandalan kue produk kue ini .ia tetap ikut serta dalam proses pembuatannya  dan pengawasan kinerja pegawai setiap hari .pemasaran produk toko kue aneka rasa ini melalui informasi dari  pelanggan satu ke yang lainnya .selain itu karena letak toko kue ini strategis yakni terletak dipinggir jalan raya yang berada diantara took lainnya . pesaingan dalam penjualannya juga tidak cukup sulit karena penjualan di toko lainnya bukan jenis yang sama .


Sistem penjualan

Ibu mitha mengontrol usahanya secara langsung yakni dengan beberlanja stok bahan-bahan yang diperlukan bila perlu bahan yang lebih ia cukup menelpon langganan tempat dimana ia biasa berbelanja bahan baku kuenya .
Dalam menentukan harga, harga aneka kue disini termasuk terjangkau mulai dari Rp.3000 sampai dengan Rp.500.000 tergantung jenis kue,ukuran kue serta tingkat kesulitan dalam pembuatannya .


Sistem pelayanan

Pelayan melayani konsumen dengan cara memandu konsumen untuk memilih kue yang diinginkan . setiap kue yang ada sudah terdapat keterangan harganya sehingga konsumen tidak perlu repot untuk bertanya kepada pelayan .setelah memilih kue yang diinginkan ,konsumen dapat membayar di kasir . kasir akan menghitung jumlah harga yang harus dibayar oleh konsumen tersebut .
Pelayanan juga bisa melalui pesan antar (delivery) sehingga pelanggan hanya perlu menelpon toko dan memesan kue yang diinginkan maka pegawai kue akan mengantarkan sesuai waktu yang ditentukan pelanggan
Agar tidak terjadi penyelewengan dana oleh kasir maka menggunakan kertas nota yang memiliki 2 kertas nota yang nantinya salah satunya akan dikumpulkan untuk bukti transaksi .

Kelemahan dalam sistem toko kue aneka rasa
-        
          Kurangnya pegawai saat toko sedang dalam keadaan ramai pembeli  terutama dibagian kasir.
-          Variasi kue harus lebih dikembakan lagi agar lebih mampu bersaing dengan took kue lainnya.
-          Kurangnya pemanfaatan teknologi yakni dengan mengembangkan took secara online agar toko menjadi lebih luas pemasarannya ke public .






BAB III
PENUTUP


KESIMPULAN

Usaha toko kue aneka rasa ini dirintis berdasarkan modal sendiri sang pemilik dengan keuletan pemilik toko ini termasuk mampu bersaing dengan toko kue lainnya . selain ibu mitha sendiri sebagai pemilik toko kue aneka rasa ini .ia juga mengontrol sendiri usahanya walau telah memiliki sejumlah pegawai .pengambilan keputusan yang digunakan toko kue ini yakni pemilik mengatur sendiri kinerja kerja toko kuenya serta dalam segi pelayanan dan keputusan dagang .

SARAN

Toko kue aneka rasa lebih diperluas dengan bangyak varian sehingga semakin pesat maka pemilik dapat meningkatkan pelayanan terutama dalam hal transaksi dengan pembeli .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar